Kurangi bahan berikut ini untuk mencegah kerusakan lingkungan!

227 views

Erosya.info – Kurangi bahan berikut ini untuk mencegah kerusakan lingkungan!, Kurangi bahan berikut ini untuk mencegah kerusakan lingkungan!

Kurangi bahan berikut ini untuk mencegah kerusakan lingkungan!

Berikut beberapa bahan yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari namun sangat berbahaya bagi lingkungan sehingga perlu dikurangi penggunaannya :

Plastik
Fakta tentang bahan pembuat plastik, (umumnya polimer polivinil) terbuat daripolychlorinated biphenyl (PCB) yang mempunyai struktur mirip DDT. Serta kantong plastik yang sulit untuk diurai oleh tanah hingga membutuhkan waktu antara 100 hingga 500 tahun.

Produk-produk  mengandung BPO (Bahan Perusak Ozon)
Dikutip dari menlh.go.id, Laksmi  Duarsa pakar kesehatan mengungkapkan dampak penipisan ozon akibat peri laku manusia yang mengakibatkan berbagai dampak kesehatan bagi manusia. WHO pada tahun 2007 sendiri mengumumkan  90% kanker kulit karena sinar matahari.

Detergen
Deterjen merupakan bahan yang sukar diuraikan oleh bakteri sehingga akan tetap aktif untuk jangka waktu yang lama di dalam air, mencemari air dan meracuni berbagai organisme air. Untuk mengurangi dampaknya, sebaiknya sebelum membuang busa deterjen, larutkan dahulu dengan air murni. 

Styrofoam
Styrofoam merupakan musuh terbesar dalam lingkungan karena sifatnya yang tidak dapat diuraikan oleh alam sama sekali sehingga sulit untuk di daur ulang. Dampak styrofoam bagi lingkungan dimulai dari limbah yang dihasilkan dari proses produksi styrofoam sangat berbahaya, dari data EPA (Environmental Protection Agency) limbah proses produksi styrofoam ditetapkan sebagai salah satu limbah berbahaya terbesar di dunia. Bau yang ditimbulkan dapat mengganggu pernafasan dan mengandung 57 zat berbahaya yang dilepaskan ke udara. Sementara itu Cloro Fluoro Carbon (CFC) sebagai bahan peniup pada saat proses produksi styrofoam merupakan gas yang tidak beracun dan mudah terbakar serta sangat stabil, begitu stabilnya gas ini sehingga baru akan terurai setelah 65-130 tahun. Gas ini akan melayang ke udara mencapai lapisan ozon di atmozfer dan akan terjadi reaksi serta akan menjebol lapisan pelindung bumi serta menimbulkan efek rumah kaca.

Nah, setelah mengetahui bahaya dari bahan-bahan tersebut, tentu Anda tak mau berkontribusi  terhadap pencemaran lingkungan, kan? Yuk, bijak dalam menggunakan barang-barang di sekitar kita, demi lingkungan yang sehat dan lebih hijau!

(pj/am)
foto : greenpeace.org
Sumber : dari berbagai sumber

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Kurangi bahan berikut ini untuk mencegah kerusakan lingkungan!, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Kurangi bahan berikut ini untuk mencegah kerusakan lingkungan! berguna untuk anda.

Leave a reply "Kurangi bahan berikut ini untuk mencegah kerusakan lingkungan!"